Makna Jihad Kontemporer

Tubanjogja.org – Jihad

Jihad

Oleh: Aliyev M*

Islam itu di samping sebuah sistem hukum dan sistem politik, ada dimensi pembentukan masyarakat Tamaddun. Yaitu masyarakat yang berperadaban yang di dalamnya ada tata nilai, menjunjung tinggi ilmu pengetahuan dan tatanan ekonomi masyarakat.

Seorang guru besar al-Azhar, Mesir, Syeikh Muhammad Ghazali bilang seperti ini “Seandainya seorang Muslim menghabiskan usianya berdiri di sisi Ka’bah, namun ia acuh terhadap tuntutan masa depan Islam untuk berjihad di sektor ekonomi, iptek dan militer, maka hal tersebut tidak bermanfaat sedikitpun di sisi Allah. Sesungguhnya membangun pabrik-pabrik sebanding nilai pahalanya dengan membangun masjid-masjid”.

Dalam situasi dunia Islam yang kemelut seperti sekarang ini tiga hal diatas itu penting. Jihad paling besar bagi orang yang berkeluarga itu ya ngurus anak istrinya termasuk di dalamnya bekerja. Makanya penyediaan lapangan kerja itu wajib bagi muslim yang mampu untuk menolong saudaranya. Gejolak sosial atau revolusi itu dipicu oleh hal ini, ekonomi. Pabrik-pabrik itu sangat penting untuk menjamin lapangan kerja untuk rakyat.

Yang kedua adalah soal militer. Dalam pertarungan geopolitik global seperti sekarang ini, membangun militer untuk melindungi rakyat sangat perlu. Saya menganggap Indonesia itu sudah negara khilafah karena rakyatnya sudah menjalankan syariat bahkan menurutku yang terbaik sedunia dibanding negara Arab. Geopolitik global sekarang dunia Islam itu terkepung oleh pertarungan memperebutkan blok sumber daya dan pasar. Blok-blok politik dan pakta-pakta militer itu perlu ketika suatu negara belum mampu sekuat negara lainnya untuk sharing strategi dan intelijen.

Yang ketiga yaiitu iptek. Sudahlah, ini sangat wajib dalam Islam seperti wajibnya sholat. Dan membangun iptek suatu negara seperti indonesia itu jihad paling agung.

*Penulis adalah seorang santri jebolan PP. Bahrul Ulum, Tambak Beras. Saat ini sedang sibuk dengan kegiatan jihad berupa beternak kambing dalam arti yang sesungguhnya.

Tuban Jogja

Media publikasi pemikiran dan agenda kegiatan Keluarga Pelajar dan Mahasiswa Ronggolawe Tuban (KPMRT) Yogyakarta.

Mungkin Anda juga menyukai

2 Respon

  1. paintball berkata:

    This is a topic which is near to my heart… Take care! Exactly where are
    your contact details though?

  2. broderie berkata:

    I know this web page offers quality dependent content and extra
    data, is there any other web site which provides these kinds of information in quality?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.