Membangun KPMRT yang Lebih Progresif

Suasana rapat perdana kepengurusan baru KPMRT periode 2016/2017

Suasana rapat perdana kepengurusan baru KPMRT periode 2016/2017

Yogyakarta, Keluarga Pelajar dan Mahasiswa ronggolawe tuban (KPMRT) Yogyakarta, adakan rapat perdana kepengurusan baru 2016/2017. Rapat yang diselenggarakan di Gandrung Kafe ini, dihadiri oleh calon pengurus dan juga anggota baru, Kamis, 08 Sepetember 2016. Tujuan dilaksanakan acara ini, guna mendiskusikan rancangan program kerja dan menyerap aspirasi dalam pembuatan program kerja satu periode mendatang serta pembentukan kepengurusan yang baru, sementara kepengurusan yang sudah terbentuk baru Pengurus Harian (PH) dan koordinator devisi serta Badan Otonom.

Rapat yang berlangsung husuk ini, dibuka dan dipimpin oleh Nasihin selaku ketua terpilih. Ia berharap kepengurusan KPMRT segera terbentuk dan sesegera mungkin melakukan perbaikan organisasi melalui program kerja yang konstruktif, baik melanjutkan program kerja di pengurusan terdahulu maupun mebuat program kerja baru yang bisa memfasilitasi setiap proses belajar anggota. Program kerja itu, bisa yang berupa pengembangan potensi setiap anggota atau program kerja komunal untuk menjalankan fungsi pengabdian organisasi.

“Hae gaes,  terimakasih sudah hadir dan berkenan mengabdi di KPMRT, saya berharap kita segera menyelesaikan rancangan program kerja dan struktur kepengurusan yang baru. Untuk itu, saya minta kepada koordinator devisi dan badan otomom untuk melengkapi daftar anggota dan juga mempresentasikan rancangan kerja selama satu periode mendatang, sesuai amanah kongres v KPMRT. Dengan memaksimalkan fungsi kerja organisasi dan mengotimalkan kerja badan otonom, yaitu Romanita dan Ronggomania dalam lokus suporter Persatuan Sepak Bola Tuban (PERSATU) serta Pers KPMRT sebagai lokus jurnalistik warga Tuban-Jogja yang independent. Dimikian Awesame, auuuuuuuu”, -tutur Nasihin, mahasiswa hukum semester tujuh UJB, dengan gaya humornya yang has.

Rapat dilanjutkan dengan presentasi rancangan program kerja. Dimulai dari Ketua Umum, Nasihin dalam satu peride mendatang mencanangkan untuk membuat seragam KPMRT, ngopi darat (Ngopdar) dengan anggota setiap dua minggu sekali dan malaksanakan fungsi kontrol terhadap berjalannya roda organisasi dalam bentuk rapat pengurus dan anggota. Sementara Ipung, wakil Ketua, Akan membantu kerja Ketua Umum dan fokus pada pembentukan dan pengawalan Pers KPMRT. Mila, selaku sekretaris, berencana melakukan pendataan dan pembukuan anggota untuk memudahkan pengembangan organisasi melalui pemetaan potensi anggota, selain melaksanakan fungsi administratif. Heni, selaku bendara yang kebetulan berhalangan hadir, lewat salamnya, berencana mendokumentasikan keuangan KPMRT agar akuntable dan tranparan serta membantu penggalangan dana mandiri organisasi, bekerja sama dengan devisi Ekonomi dan Pengembangan Usaha kreatif KPMRT.

Presentasi dilanjutkan oleh koordinator devisi, Adim, Koordinator Intelektual, menyampaikan keinginannya untuk membuat diskusi tematik mingguan, bulanan dan semesteran, temanya bisa yang barkaitan dengan akademik, pengembangan wacana dan kedaerahan (Tuban). Sasa, koordinator Minat dan Bakat, ingin berkomitmen penuh terhadap pengembangan minat dan bakat anggota, baik berupa hobi maupun berkenanan dengan seni dan tradisi yang ada di Tuban. Ifan, Koordinotor Pengabdian dan Pengembangan Masyarakat, punya harapan agar KPMRT bisa berkontribusi terhadap pembangunan daerah, misalnya melalui taman baca di Tuban, baksos dan juga ikut serta mengawal kebijakan pemerintah, terutama menyambut UU Desa yang partisipatoris. Fian, Koordinator Ekonomi dan Pengembangan Usaha Kreatif, berharap KPMRT bisa mandiri soal keuangan disikong dengan usaha mandiri, berupa jualan online dan bazar di setiap acara kampus, semisal acara wisuda. Muttaqin, Kordinotor Jarkominfo, berencana mengupgread blog KPMRT menjadi wibsite, memaksimalkan fungsi medsos sebagai media informasi dan penjaringan anggota serta membangun komunikasi yang baik dengan lindas Orda dan IKPM dalam bentuk program kerja bersama.   Sementara, Rokhim, mewakili Kaderisasi, akan berupaya melukan penjaringan anggota baru melalu rekrutmen anggota di setiap kampus, melakukan pengawalan proses belajar anggota dengan mendistribusikan mereka pada ruang proses belajar baik di internal KPMRT maupun ruang proses belajar lain di luar KPMRT sesuai minat dan bakat kader.

Terahir, presentasi dilakukan oleh koordinator badan otonom yang terdiri dari lokus suporter dan pers. Bibah, mewakili lokus suporter, Ronggomanis dan Romanita Jogja, akan berkomitmen menjalankan komunikasi dan kerja sama yang baik dengan lokus suporter Persatu di Tuban serta mendukung sepenuhnya pertandingan Persatu, terutama yang diselenggaran di Jogja dengan memobilisasi warga KPMRT. Sementara, Ipung, mewakili pers, akan sesegera mungkin merekrut anggota dan juga melakukan pelatihan jurnalistik untuk mendukung setiap agenda KPMRT dalam bentuk pemberitaan serta mewadahi potensi kepenulisan di KPMRT, agar ide dan gagasan anggota KPMRT yang terdokumentasi dalam bentuk tulisan untuk dapat di konsumsi semua pihak terkait dan upaya transformasi pemikiran baik di internal KPMRT maupun di Tuban.

Rancangan program tersebut mendapat apresiasi dari warga KPMRT yang hadir. salah satunya Aghist, anggota yang baru bergabung, mendukung rancangan program tersebut. Ia meberi tanggapan, program kerja yang sifatnya di daerah dilaksankan ketika liburan kuliah.

“Saya sepekat dengan apa yang sudah disampaiakan teman-teman dan saya berharap saat liburan kita bisa melaksakan program bersama di Tuban”, -Ungkap Agihits, mahasiswi semester lima UIN.

Hal senada juga disampaiakn Roup, mantan pengurus KPMRT ini optimis dengan rancangan program yang baik, KPMRT kepengurusan sekarang akan lebih baik dari kepengurusan terdahulu. Ia mendukung penuh rancangan program yang di canangkan kepengurusan yang baru.

“Saya yakin jika hal ini dilaksankan, kepengurusan hari akan lebih baik dari kepengurusan terdahalu. Kepada temen-temen pengurusan yang baru jaga semangat dan mari gotong royong mensukseskan kepengurusan yang baru dalam belajar dan pengabdian, baik di organisasi kita tercinta maupun di Tuban”, -Tambah Roup, mantan wakil ketua KPMRT periode  2014-2016. [Endri]

Tuban Jogja

Media publikasi pemikiran dan agenda kegiatan Keluarga Pelajar dan Mahasiswa Ronggolawe Tuban (KPMRT) Yogyakarta.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.