’65, Konflik SDA, dan Agenda Gerakan[1]

konflik

Oleh Bosman Batubara[2]

***

Ada tiga macam sumber alam, itu harus direbut kembali, dipakai untuk memakmurkan Bangsa kita…Satu, sumber hutan; kedua, sumber pertambangan dalam negeri; tiga, sumber kekayaanlaut.

=Gus Dur=

***

Sejarah selalu berulang. Apa yang dapat kita pelajari dari peristiwa ’65 selain sejarah itu sendiri dan kepentingan rekonsiliasi? Bagaimana menempatkan,sekaligus mengambil pelajaran, dari kasus ’65 dalam konteks konflik sumber dayaalam (SDA) di Indonesia masa kini dan yang akan datang? Tulisan ini melihat beberapa kemiripan diantara keduanya, dan bertolak dari situ tulisan ini merumuskanagenda gerakan.

Asia Tenggara 1930-60

Dalam buku Moral Economy of Peasant Rebellion in South East Asia (Scott, 1976)[3]disebutkan bahwa pada tahun 1930-an terjadi beberapa pemberontakan petani di AsiaTenggara seperti di Vietnam, Burma, Indonesia, dan Filipina (yang sekarang). Prakondisisosial-ekonomi yang melatarbelakangi pemberontakan petani adalah kolonialisasidan krisis ekonomi di tahun 1930-an yang diikuti oleh kenaikan pajak yang dikenakan kepada para petani.

Beberapa dekade kemudian kaum pergerakan di masing-masing daerah di AsiaTenggara tersebut menemukan formula nasionalisme sebagai antitesis terhadap kolonialisme,sekaligus mencoba menjawab eksploitasi yang nyaris tanpa batas oleh penjarah dikawasan ini. Indonesia sendiri merdeka sekitar satu setengah dekade setelahnya.

Pasca kemerdekaan di tahun 1945, di bawah Soekarno, Republik Indonesia (RI) melakukan gerakan nasionalisasi perusahaan-perusahaan asing pada tahun 1957-59. Politik nasionalisasi ini berhasil memindahtangankan kepemilikian 90% perkebunan ketangan pemerintah RI, 62% nilai perdagangan luar negeri, dan sekitar 246pabrik, perusahaan pertambangan, bank, perkapalan, dan sektor jasa (Kanumoyoso,2001).

Zaman terus bergulir, pada tahun 1965, dalam kondisi perang dingin yang semakin memanas, melalui sebuah kudeta yang merangkak, Soekarno didongkel dari kursikepresidenan dan diganti oleh Jenderal Soeharto yang disokong penuh olehkekuatan global, Amerika Serikat (Klein, 2008). Dan sejak saat itulah secara perlahan kekuatan kapital internasional mencengkeramkan kuku-kukunya untuk menjarah hampir seluruh penjuru negeri, sampai sekarang.

Peristiwa’65 telah menyebabkan hilangnya pekerja-pekerja kebudayaan terbaik di masanya,dan karena lazimnya dalam semua peradaban bahwa para pekerja kebudayaan adalah para penantang terdepan setiap bentuk eksploitasi dan fasisme, maka kemusnahan mereka secara massal telah memuluskan rezim birokratik-militeristik otoriter Orde Baru untuk berkuasa penuh selama 32 tahun (Supartono, 2000) dengan cara menumpuk hutang luar negeri dan melego kekayaan alam.

Konflik SDA di Indonesia pada tahun 2013

Konflik di bidang SDA adalah salah satu permasalahan besar di Indonesia pasca reformasi. Sepanjang tahun 2013 yang masih berlangsung saja telah terjadi 232 konflik SDA di 98 kabupaten kota di 22 provinsi yang diiring dengan jatuhnya korban sebagain besar dari kalangan kaum tani. Dari sebanyak 232 konflik SDA yang melibatkan petani ini, 69% diantaranya dengan korporasi (swasta), Perhutani 13%, taman nasional 9%,pemerintah daerah 3%, instansi lain 1% (Kompas, 16/02/2013), dan sisa 5%lainnya tidak dijelaskan oleh Kompas.

Kemiripan ’65 dan Pasca-Reformasi

Ada beberapa kemiripan antara apa yang terjadi dalam periode 1930-60-an dengan apa yang terjadi di Indonesia sejak Reformasi 1998 sampai sekarang.

Kemiripan pertama, tengah terjadiperubahan yang mendasar dalam hal tata kelola kenegaraan. Pada kurun 1930-60, gelombang nasionalisme telah meruntuhkan penjajahan yang telah bercokol selama berabad-abad. Kemerdekaan datang, maka berubahlah sistem kolonial menjadi nengara-bangsa. Masa pergerakan dan transisi menuju kemerdekaan ini rupanya,seperti yang sudah disampaikan di atas, sampai memengaruhi kehidupan kaum tanidalam hal pajak eksploitatif yang meningkat di zaman kolonial.

Pasca-Reformasi 1998; disadari atau tidak, sedang terjadi juga perubahanbesar-besaran dalam hal tata kelola bernegara di Indonesia. Tonggak-tonggakyang paling dapat dilihat adalah desentralisasi yang memberikan kekuasaan lebihbesar terhadap pemerintah kabupaten/kota. Akan tetapi, hal yang jarang disadariadalah bahwa konfigurasi triad lama “negara-korporasi-masyarakat” secaraperlahan juga mulai berubah menjadi “korporasi+negara-masyarakat”. Negara OrdeBaru yang otoriter telah tumbang berganti dengan Negara Pasca-Reformasi yangmenjadi perpanjangan tangan kapital.

Ada beberapa fakta pendukung untuk lahirnya konfigurasi baru ini. Hukumyang tadinya berfungsi untuk melayani warga negara dan melindunginya daritindakan kesewenang-wenangan yang mungkin terjadi, telah berubah menjadiinstrumen yang menyukseskan peneterasi kapital lebih dalam di sektor ekstraksi.

Contoh pertama lahir dari kasusLumpur Lapindo. Pada Agustus 2009, Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur (Jatim)mengeluarkan surat perintah penghentian penyelidikan perkara (SP3) yang membuatpenyelidikan terhadap kasus Lumpur Lapindo tidak bisa diproses lebih lanjut dipengadilan (Batubara, 2011). Keluarnya SP3 ini menafikan analisis yangmenyatakan bahwa bencana Lumpur Lapindo terjadi karena selubung pengeboran disumur Banjar Panji-1 (BJP-1) dipasang lebih pendek dari yang direncanakan (Tingayet al. 2008; Batubara dan Utomo, 2012; Batubara 2013), dan dengan demikian, iaadalah sebuah bencana industri, alias kejahatan korporasi.

Contoh kedua datang dari kasusekspansi PT Semen Gresik (SG) ke Pegunungan Kendeng Utara (PKU) di KabupatenPati, Jawa Tengah (Jateng), dimana Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) KabupatenPati dicoba disesuaikan dengan kepentingan ekspansi PT SG. Kawasan PKU yangdalam RTRW 1993-2012 Kabupaten Pati, masuk dalam kawasan pertanian danpariwisata, mau diubah peruntukannya menjadi kawasan industri dan pertambangandalam RTRW Provinsi Jawa Tengah 2009-2029. Di sini kita melihat bahwa dokumenRTRW justru mau “disesuaikan”untuk kepentingan ekspnasi PT SG ke PKU diKabupaten Pati (Batubara, dkk. 2010).

Contoh ketiga adalah kemenangankorporasi dalam kasus uji materiil kasus Lumpur Lapindo dan Sorikmas Mining diMahkamah Agung (Batubara, 2012)

Dari ketiga contoh di atas, tak ada jalan lain, seseorang harusmenyimpulkan bahwa di bidang hukum, isu sudah bergerak dari “tidak adanya penegakanhukum” ke “hukum yang sudah ditunggangi oleh kepentingan ekspansi kapital danpada saat yang bersamaan mengabaikan kepentingan masyarakat.” Lebih lanjut,negara sudah tidak lagi berfungsi sebagai regulator dalam formasi konvensionaltriad “negara-korporasi-masyarakat”, tetapi sudah berubah menjadi kacung dalamformasi yang sedang menjadi “korporasi+negara-masyarakat”.

Artinya, untuk melihat kemiripan dengan peristiwa sejarah di tahun1930-60-an, sekarang ini sedang terjadi perubahan tata kelola kenegaraan kita darinegara Orde Baru yang sentralistik dan sangat kuat, menjadi negara Pasca-Reformasiyang terdesentralisasi dan secara perlahan berubah menjadi perpanjangan tangankapital. Dan ini, rupanya, menyenggol juga kepentingan kaum tani sehinggamemicu munculnya 232 konflik SDA di tahun 2013 yang masih berjalan denganmayoritas di antaranya (65%) adalah konflik petani versus korporasi(+negara).

Kemiripan kedua adalah menguatnyapolitik nasionalis. Pada zaman 1930-60-an hal ini ditandai dengan keberhasilankaum pergerakan kemerdekaan memformulasikan permasalahan mereka di dalam konsepnasionalisme dan dengan itulah mereka keluar dari kungkungan kolonial.

Kemenangan Joko Widodo (Jokowi) dan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menjadikepala daerah Provinsi Daerah Khusus Ibukota (DKI) adalah salah satu bukti daripenguatan kelompok nasionalis. Jokowi yang sebelumnya merangkak dari bahwasebagai pengusaha mebel, menjadi Walikota Solo, dan seterusnya Gubernur DKI,memiliki peluang yang sangat besar untuk menjadi presiden RI pada pemilu 2014mendatang. Prediksi ini didukung oleh tingkat keterpilihan Jokowi sebagai calonpresiden yang sangat tinggi dari berbagai penelitian yang dikeluarkan olehbeberapa lembaga survei dan menjadi berita di berbagai media.

Kenaikan Jokowi menjadi tonggak menguatnya ideologi nasionalisme yangbahkan pada era Megawati Soekarnoputri pun kehilangan artikulasinya. Alih-alihmelakukan politik nasionalisasi seperti halnya Soekarno pada tahun 1957-59seperti yang disinggung sedikit di atas, Megawati malah melakukan halsebaliknya dengan melego sejumlah BUMN ke pasar internasional. Sebaliknya,Jokowi, meskipun baru saja naik menjadi Gubernur DKI, langsung mencobamenemukan kembali artikulasi ideologi nasionalisme melalui usahanya untukmengambil alih perusahaan minum yang melayani masyarakat di DKI, Palyja, daritangan investor internasional yang berasal dari Perancis (Hidayat, 2013).

Kalau Jokowi berhasil dengan percobaannya mengambil alih Palyja di DKI,maka ekstrapolasi yang akan keluar adalah: Jokowi akan menjadi Presiden RI padatahun 2014, dan akan memulai politik nasionalisasi perusahaan asing yang lebihluas, atau setidaknya ia akan terus-menerus mencoba mengartikulasikan kembaliideologi nasionalisme dalam ranah ekonomi-politik.

Skenario ini mengantarkan kita pada kenyataan bahwa kapital nasional dan internasionalpasti tidak akan tinggal diam. Mereka akan bergerak memobilisasi segala sumberdaya yang mereka miliki untuk menjaga kepentingan ekstraksinya di Indonesia.Dan, di titik ini, kasus ’65 bukan lagi sejarah, tetapi ia adalah hal yang didepan mata.

Kemiripan ketiga; dalam diskursus mengenai ’65 yangberkembang, kalangan Nahdliyin terlibat sangat jauh sebagai mesin penjagalkelompok Partai Komunis Indonesia (PKI) ataupun kelompok yang berafiliasi(secara struktural dan idelogis) dengannya. Tetapi cara pandang lain bisa jugaditampilkan, bahwa Nahdliyin juga adalah korban dari peristiwa ini karena padakenyataannya, bukan tidak ada korban ’65 dari kalangan santri. Lebih jauh,Nahdliyin sebagian besar pada waktu itu adalah dari kalangan petani pedesaandengan tingkat kemelekan yang rendah. Dan dengan demikian, agenda riset yangharus dirangsang di titik ini adalah melihat kalangan Nahdliyin sebagai korbanskenario politik kalangan yang lebih melek yang mengambil untung dari peristiwa’65.

Pola yang sama sudah memperlihat bentuknya dalam berbagai konflik SDA dibasis Nahdlatul Ulama (NU). Kita dapat melihat beberapa kasus seperti konflikpembangkit listrik tenaga uap di Kabupaten Batang, kasus konflik rencanapembangunan pabrik semen di PKU Kabupaten Pati, konflik tambang pasir besiUrutsewu di Kebumen Selatan, konflik tambang pasir besi di Kulon Progo, dankonflik bahan galian C di Kabupaten Mojokerto (FN-KSDA, 2013). Dalam semuakasus yang disebutkan di atas, pola yang terjadi adalah perbedaan aspirasi(kepentingan) antara elit NU dengan kelompok akar rumput yang sebagian besaradalah petani. Di satu sisi, elit NU merestui ekspansi kapital dan, dalambeberapa kasus, bahkan menjadi bagian dari proses ekspansi kapital itu sendiridengan jalan mengambil posisi perantara; di sisi lain kelompok akar rumputbergerak menolak ekspansi kapital di bidang industri ekstraktif ini karenamereka merasa penghidupannya terganggu. Pola seperti ini juga ditemukan dalamkasus tambang emas Tumpang Pitu di Banyuwangi. Bahkan lebih jauh, dalam kasuseksplorasi beberapa perusahaan minyak dan gas (migas) di Madura, Kiai bahkanmengambil posisi memuluskan jalan perusahaan migas untuk membebaskan lahan danmemastikan proses eksplorasi tidak mengalami gangguan. Tak pelak, hal inikemudian memunculkan istilah “Kiai Migas” di Madura (Hakim, 2010).

Untuk melihat kemiripan dengan kasus ’65, maka dalam kasus konflik SDAsekarang seperti yang sudah diuraikan dalam pragraf sebelumnya, yang bisa kitalihat adalah polarisasi kepentingan di kalangan NU sendiri yang (kira-kira)mengerucut ke konflik elit vs akar rumpur di kalangan santri. Kalau skenariopolitik nasional di atas berjalan, dalam artian Jokowi naik menjadi presiden di2014 dan ia konsisten dengan artikulasi ideologi nasionalismenya yan kemudiandisusul dengan bergeraknya kekuatan kapital di sektor ekstraktif untukmengamankan asetnya, maka, kasus ’65 bukan sebuah sejarah masa lalu, tetapi kitaharus sudah siap menghadapinya. Karena, tinggal dibutuhkan satu gerakan yangsecara aktif melakukan ideologisasi untuk memperruncing friksi elit vs akarrumput di kalangan santri, maka konflik berdarah akan terulang. Ini artinya,kelompok petani-santri di pedesaan akan kembali menjadi korban.

Gus Dur dan SDA

Apa yang bisa diambil dari Gus Dur dalamhal tata kelola SDA di Indonesia? Gus Dur adalah seorang nasionalis tulen. Dalam sebuah orasi di hadapan massa Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di Malang,sehubungan dengan SDA, Gus Dur menyatakan bahwa “Ada tiga macam sumber alam,itu harus direbut kembali, dipakai untuk memakmurkan Bangsa kita…Satu, sumber hutan; kedua, sumber pertambangan dalam negeri; tiga, sumber kekayaan laut (Gus Dur, –).”

Pesan di atas sebenarnya terartikulasikandalam sikap yang lebih konkrit dalam kasus pendirian Pembangkit Listrik TenagaNuklir (PLTN) di Jepara, ketika Gus Dur mengancam akan mogok makan apabila PLTNdidirikan di Jepara. Pernyataan ini kemudian memobilisasi kantong-kantong NUuntuk mengadakan perlawanan yang lebih masif menolak pendirian PLTN di Jepara(Fauzan dan Schiller, 2011).

Dalam kontestasi terhadap akses dankontrol terhadap sumber daya yang lebih sengit dalam kasus Lumpur Lapindo, Gus Dur meminta kepada salah satu kiairakyat agar tidak menjual tanah mereka. Kelompok ini kemudian yang mengambilsikap paling radikal dalam kasus Lumpur Lapindo dengan memilih tidak menjualtanahnya kepada PT Minarak Lapindo Jaya, kasir PT Lapindo Brantas Inc., sepertiyang diperintahkan oleh Peraturan Presiden 14/2007 (Batubara, 2010 dan 2013).

Terhadap gerakan petani internasional yangmenyuarakan kedaulatan petani seperti organisasi petani se-dunia, La ViaCampesina, Gus Dur sangat respek terhadap usaha para petani membangun gerakanalternatif terhadap penetrasi lembaga keungan dunia sepertiInternational Monetary Fund (IMF) yangsangat merugikan petani (–, 2006).

Dari beberapa nukilan sikap Gus Dur diatas, artikulasinya jelas tanpa tedeng aling-aling. Gus Dur berdiri di belakangSoekarno dalam hal tata kelola SDA.

Agenda Gerakan

Dari penjelasan di atas, maka Nahdliyin tidak punya pilihan lain kecuali: bergerak. Miskinnya kotribusi Lesbumi dalam teks ’65 disebabkan oleh dua hal. Pertama, Lesbumi tidak terlalu aktif padazaman itu. Kedua, pada zaman sekarang riset dengan mengambil kontribusi Lesbumi dalam kasus ’65 tidak terlalu banyak. Kedua argumen di atas pada dasarnyaberujung pada satu titik yang sama: kelompok Lesbumi tidak secara aktif bergerak. Analisis ini sangat masuk akal, karena, kalau kita lihat dokumen Lembaga Kebudayaan Rakyat (Lekra), pembukaannya disebut dengan “Muqaddimah”.Artinya, dari pemilihan kata “Muqaddimah”, secara logis sebenarnya lebih mudah“menarik” Lekra untuk bergabung dengan kalangan agama (santri), daripada untukmenariknya merapat ke kalangan komunis. Secara imajinatif, andai ia adalah“Manifesto”, maka secara logis akan lebih mudah menariknya bergabung dengan PKI. Tetapi, karena kerja pengorganisasian dan pergerakan yang tidak jalan,Lesbumi dan Lekra kemudian menjadi sangat jauh, dan justru sebaliknya, Lekrasemakin dekat dengan PKI. Artinya, pengalaman ’65 yang memperlihatkan secaratelanjang kurangnya pergerakan di kalangan santri, seharusnya tidak bolehterulang lagi.

Dengan demikian, agenda gerakan yangpaling mendesak adalah pengarusutamaan isu konflik SDA di kalangan santri.Pengarusutamaan akan membuat kalangan santri melek dengan persoalan ini, dandengan itu diharapkan akan meminimalisir friksi kepentingan antara elit denganakar rumput.

Pengarus utama tidak boleh terpenjara di kalangan santri belaka, tetapi harus menjangkau kalangan yang lebih luas seperti kelompok “nasionalis”yang lain. Untuk kelompok nasionalis isu ini sebenarnya bukan isu yang baru,yang belum dilakukan adalah keluar dari skema korporasi dan negara predatoris yangsudah menjadi perpanjangan tangan korporasi serta membangun sebuah anjunganyang dari situ agenda gerakan bersama didifusikan.

Keluar dari skema korporasi bukanlah hal yang mudah, meski tentu saja ia bukan hal yang mustahil untuk dikerjakan. Kebangkrutan sistem korporasi datang dari dalam dirinya sendiri karena terlaluekstraktif dalam memasilitasi akumulasi kapital pada satu atau sekelompok kaumkapitalis. Kapitalisme di sini, mengikut substansi yang disampaikan Marx (1982)mengambil pengertian yang paling mendasar sebagai proses yang melibatkan “uang yangbergerak” (money in motion) dimana orang membeli bukan untuk mengonsumsi, tetapiuntuk menjual kembali agar mendapatkan nilai lebih dari sebuah komoditas. Korporasi,melalui eksploitasi terhadap SDA dan perkerjanya sendiri untuk mendapatkannilai lebih komoditas, telah menjalankan pola ini selama berpuluh-puluh tahun. EkstraksiSDA pada dasarnya adalah sebuah proses yang menceraikan para petani dari aksesdan kontrol terhadap SDA seperti tanah. Proses ini, dalam kajian kontemporer,lazim disebut sebagai “akumulasi lewat jalan perampasan”, accumulation by dispossession (Harvey, 2003).

Kalau pada zaman pergerakan kemerdekaanRI, para kaum pergerakan telah menemukan rumus gerakan dalam bentuknasionalisme sebagai antitesis terhadap kolonialisme yang menjadi struktur tatakelola pada waktu itu, maka pada pasca reformasi, kita dapat mengajukan“kooperasi” sebagai antitesis terhadap “korporasi” yang melakukan akumulasi kapital dengan jalan merampas akses dan kontrol SDA dari tangan-tanganpemiliknya yang sah: para petani. Kedaulatan petani dalam tata kelola SDAdisini diartikan sebagai kemerdekaan penuh di pihak petani untuk menentukan secarapolitik tata kelola yang layak bagi SDA yang mereka miliki.

Mengapa “kooperasi”? Pertama,kita mulai dari terminologi. Dalam Bahasa Indonesia, “kooperasi” berarti“bekerjasama”, sedangkan “koperasi” berarti “perserikatan yang bertujuanmemenuhi keperluan kebendaan para anggotanya dengan cara menjual barang-barangkebutuhan dengan harga murah”. Terma “kooperasi” secara sadar dipilih sebagaiantitesis terhadap “koperasi” karena tiga alasan : (1) Dalam konteks Orde Baru,lembaga-lembaga koperasi sudah dikooptasi oleh rezim birokratik-militeristikotoriter, koperasi tidak lagi menjadi lembaga yang melayani anggotanya, tetapimenjadi lembaga ekonomi tempat korupsi bersimaharajalela sekaligus menjadimesin ideologisasi Negara Orde Baru; (2) Pascareformasi, Undang-undang nomor 17 tahun 2012 tentang Perkoperasian membonsai“kooperasi” menjadi lembaga ekonomi semata dengan membaginya menjadi koperasiprodusen, konsumen jasa, dan simpan pinjam. Pembonsaian ini menyebabkankoperasi kehilangan semangat gerakannya, menyimpang dari apa yang diharapkan DNAidit yang membayangkan koperasi sebagai alat perjuangan kelas (1963).Spesifikasi lewat UU nomor 17/2012 ini pada dasarnya diambil dari spiritkapitalisme yang mengasumsikan bahwa spesifikasi dalam berbagai bidang akanmeningkatkan produktivitas sebuah sistem, dalam hal ini koperasi; (3) Dengandua argumen di atas, terma “kooperasi” yang diadopsi dari tulisan MohammadHatta (1954) terasa lebih pas tinimbang “koperasi”.  Dan dengan adanya usaha penegakan kedaulatanpemilik yang sah SDA lewat pengambilan kebijakan peruntukannya yangdimungkinkan lewat rapat tahunan anggota kooperasi, maka tata kelola yangtersentral atau cuma menjadi bagian dari usaha dakwah dalam bentuk kongsidagang (Jarkom Fatwa, 2002) dapat dihindari.

Kedua, kita dapat melihatargumentasi ideologis seperti yang ada dalam UUD ’45. UUD ’45 menyatakan bahwaseharusnya perekonomian negara dikelola dengan azas kekeluargaan, dalam hal inikooperasi adalah bentuk yang paling memungkinkan untuk itu. Kenyataannya,Pasca-Reformasi yang menguat justru korporasi. Dengan demikian, ini adalahmomen untuk mengembalikan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) kekhittah-nya dengan memberikan ruangpengelolaan SDA lewat kooperasi.

Ketiga, apakahmungkin mengelola bisnis besar di bidang SDA dengan struktur kooperasi? Hal inibukan tanpa preseden. Santa Cruz, Bolivia, yang memiliki 1,2 juta populasi,mengelola suplai air minum dengan pola kooperasi sejak tahun 1979, dan hinggasaat ini merupakan salah satu penyedia air minum untuk publik yang terbaik diAmerika Latin. Semua pelanggan adalah anggota dari Cooverativa de Servicios Publicos Santa Cruz Ltda (SAGUAPAC) dimanapara anggota memiliki hak untuk memilih pengurus kooperasi mereka.  Tata kelola popular seperti ini sudah munculdi beberapa tempat lain seperti Kemitraan Publik di Ghana, dan KemitraanPublik-Pekerja di Dhaka (Brennan, et al. 2004). Di Cochabamba dan La Paz/ElAlto, Bolivia, pasca “Perang Air” awal tahun 2000-an, privatisasi sumber dayaair ditolak kehadirannya di kedua kota dan memberikan alternatif berupa tatakelola Kemitraan Publik, meskipun masih menyimpan kelemahan di sana sini sepertiefektivitas pelayanan dan pegawai yang tidak profesional (Spronk, 2007).

Pengarusutamaan tata kelola SDA oleh kooperasi adalahlangkah awal yang perlu dilakukan di tingkatan Nahdliyin untuk mewujudkankedaulatan di bidang SDA. Hal ini dapat dilakukan dengan caramengkonsolidasikan berbagai elemen Nahdliyin yang sudah secara jelas menyatakansikapnya seperti Pengurus Besar (PB) NU, PB PMII, Ikatan Sarjana NahdlatulUlama (ISNU), dan FN-KSDA.

PB NU, pada 2012, melalui Konferensi Besar(Konbes) di Cirebon, di bidang ekonomi merekomendasikan “renegosiasikontrak-kontrak karya pertambangan agar memberi manfaat yang lebih besar bagipemasukan Indonesia dan kesejahteraan warga” (PB NU, 2012). PergerakanMahasiswa Islam Indonesia (PMII) malah memiliki tuntutan yang lebih tinggi.Pada tahun 2012 PMII menuntut dilakukannya nasionalisasi terhadap asetpertambangan dan energi (Anam, 2013 dan Rasyid, 2013). Sementara, IkatanSarjana Nahdlatul Ulama (ISNU), menyatakan bahwa tujuan akhir dari tata kelolaenergi adalah kedaulatan dan ketahanan energi nasional. Bahkan lebih jauh, ISNUmendukung dilaksanakannya reforma agraria. FN-KSDA sendiri menetapkan “tatakelola SDA yang berkedaulatan dan sebesar-besarnya bermanfaat bagi rakyatIndonesia” sebagai tujuannya (FN-KSDA, 2013). Akan tetapi secara organisatoris,hampir tidak ada gelombang advokasi yang masif dari kelompok NU terhadap wargayang mengalami persoalan konflik SDA. PB NU sendiri lebih banyak bermain dilevel regulasi seperti judicial reviewUU Migas, tetapi tidak banyak mendorong pengurus untuk turun ke bawah.

Pola pengambilalihan perusahaan swasta seperti Palyjayang sedang dilakukan Jokowo-Ahok di DKI, mungkin tidak akan berarti banyakkarena struktur negara di Indonesia yang masih predatoris, dimana negara lebihberposisi sebagai akumulator kapital yang menindas ketimbang distributor.

Kalau sukses di internal Nahdliyin, maka dalam konteks NKRI,tantangan berikutnya adalah menaikkan yang “parsial” ini menjadi sesuatu yang“universal”, persisnya menggalang aliansi dengan berbagai kelompok ideologiyang lain seperti nasionalis agar kelompok santri tidak bekerja sendiri dalamupayanya menerjemahkan ajaran-ajaran Gus Dur menegakkan kedaulatan di bidangtata kelola SDA.

Sebaliknya,bagi kelompok nasionalis, pengalaman kehilangan artikulasi pasca tahun 1998,dimana terjadi banyak privatisasi perusahaan negara justru di bawah MegawatiSoekarnoputri, harus dijadikan pelajaran agar tidak terjebak kembali dalampermasalahan yang sama: ketidaksiapan ideologis dalam mengelola kekuasaan.

Akhirnya, menguatnya artikulasi ideologi nasionalis belakangan ini yang sebenarnya bagus, sekaligus mengundang kekhawatiran. Kemunculan pemimpin populis seperti Jokowi tidak akan membawa Indonesia kemana-mana tanpa disokong oleh konsolidasi ideologi dan pengorganisasian politik yang solid di belakangnya. Dan, setidaknya sampai sekarang, itulah yang terjadi.

AcuanPustaka

–, 2006. http://viacampesina.org/en/index.php/actions-and-events-mainmenu-26/world-bank-a-imf–out-mainmenu-58/208-social-movements-conference-in-jakarta-qwe-want-wb-and-imf-out-of-our-landsq,diakses pada tanggal 31 Juli 2013.

Aidit, D.N., 1963. PerananKoperasi Dewasa Ini. Depagitprop CC PKI. Djakarta

Anam, A.K. (redaktur),23/05/2013. PMII Desak Menteri BUMNNasionalisasi Tambang. Berita ini dapat dibaca di: http://www.nu.or.id/a,public-m,dinamic-s,detail-ids,44-id,38069-lang,id-c,nasional-t,PMII+Desak+Menteri+BUMN+Nasionalisasi+Tambang-.phpx,diakses pada tanggal 26/07/2013.

Batubara, B. danUtomo, P.W., 2012. Kronik Lumpur Lapindo: Skandal bencana industripengeboran migas di Sidoarjo. INSIST PRESS, Yogyakarta.

Batubara, B., 2010. Gus Dur: Jangan jual tanahmu, dapat dibuka di:http://lafadl.org/news/programme-report/gus-dur-jangan-jual-tanahmu-/.Pada tahun 2013 tulisan ini dimuat ulang di: http://gusdurian.org/2013/07/gus-dur-jangan-jual-tanahmu/,keduanya diakses terakhir pada tanggal 31 Juli 2013.

Batubara,B., 2011. When the Law Betrays, Literature Must Speak. Inside IndonesiaMagazine, (105) Jul-Sep 2011. Artikel ini dapat dibaca di:http://www.insideindonesia.org/weekly-articles/review-the-lapindo-titanic; terakhir dibuka 23 Februari 2013.

Batubara, B., 2012. Hukum Indonesia yang Memihak Korporasi: Studi kasus Lapindo dan Sorikmas.Artikel ini dapat diakses di: http://indoprogress.com/hukum-indonesia-yang-memihak-korporasi-dalam-kasus-lapindo-dan-sorikmas/,diakses pada tanggal 23/9/2013.

Batubara, B.,2013. “Perdebatan tentang Penyebab Lumpur Lapindo,” dalam A. Novenanto, (2013).Membingkai Lapindo: Pendekatan konstruksi sosial atas kasus Lapindo,(Sebuah Bunga Rampai). MedialinK dan Kanisius. Jogjakarta.

Batubara, B.,Utomo, P.W. dan Sobirin, M. 2010. Integrasi Pengurangan Resiko Bencana keDalam Perencanaan Regional dalam Konteks Otonomi Daerah: Sebuah agenda daripembelajaran terhadap kasus-kasus man-made disaster di Pulau Jawa.Makalah ini dipresentasikan pada “Seminar Internasional ke- 11: DinamikaPolitik Lokal di Indonesia: Ada Apa dengan 10 Tahun Otonomi Daerah? Salatiga,Indonesia”.

Brennan, B., Hack., B., Hoedeman, O.,Kishimoto, S., dan Terhorst, P., 2004.Reclaimingpublic water!: Participatory alternatives to privatization. TransnationalInstitute Corporate Europe Observatory. TNI Briefing Series No. 2004/7.Amsterdam.

Fauzan, A.U. and Schiler, J., 2011. After Fukushima: The rise of resistance tonuclear energy in Indonesia. German Asia Foundation. Artikel ini dapatdibaca di:http://www.asienhaus.de/public/archiv/resistance-in-indonesia-after-fukushima.pdf,diakses pada tanggal 31 Juli 2013

FN-KSDA, 2013. Lembar Kerja Front Nahdliyinuntuk Kedaulatan Sumberdaya Alam (FN-KSDA). Tidak dipublikasikan.

Gus Dur, –. Ceramah Gus Dur di Singosari, Malang. Rekaman ceramah ini dapatdiunduh di Youtube. Diakses terakhir kali pada Juli 2013.

Hakim, E., L., 2010. Kiai Migas. Kompas Jawa Timur, edisi Selasa 19 Januari 2010, hlm.D.

Harvey, D., 2003. The New Imperialism. Oxford University Press. Oxford, hlm: 137-82.

Hatta, M., 1954. MenindjauMasalah Kooperasi. P.T. Pembangunan. Djakarta

Hidayat,A.R., 2013. Jokowi: pemprov DKI akan ambil alih Palyja. Dapat diakses di:http://megapolitan.kompas.com/read/2013/06/04/17491641/Jokowi.Pemprov.DKI.Akan.Ambil.Alih.Palyja,diakses pada 23 September 2013.

Jarkom Fatwa (tim), 2004. Sekilas Nahdlatut Tujjar. Pustaka Pesantren. Yogyakarta

Kanumoyoso, B. 2001. Menguatnya Peran Ekonomi Negara: Nasionalisasi perusahaan Belanda diIndonesia. Pustaka Sinar Harapan. Jakarta.

Klein, N., 2008. The shock doctrine: The rise of disaster capitalism. Penguin Book.Sydney.

Marx, K. , 1982. Capital I: A critique of political economy. Penguin Books. London.

PB NU, 2012. Rekomendasi Konbes NU Pondok Kempek Cirebon, 15-17 September 2012.Tidak dipublikasikan.

Rasyid, Y., 31/03/2013.Mahasiswa Yogya Tuntut NasionalisasiMigas. Berita ini dapat dibaca di: http://www.republika.co.id/berita/nasional/jawa-tengah-diy-nasional/12/03/31/m1qn2r-mahasiswa-yogya-tuntut-nasionalisasi-perusahaan-migas,diakses pada tanggal 26/07/2013.

Scott, J.C.,  1976. TheMoral Economy of the Peasant Rebellion and Subsistence in Southeast Asia.Yale University Press. New York. Hlm. 114-56.

Spronk, S.J., 2007. The Politics of Third World Water Privatization: Neoliberal reform andpopular resistance in Cochabamba and El Alto, Bolivia (dissertation).Graduate Programme in Political Science, York University, Toronto, Ontario.

Supartono, A. 2000. Lekra vs manikebu: Perdebatan kebudayaan Indonesia 1950-1965.Skripsi STF Driyarkara. Jakarta.

Syeirazi, M.K.(editor), 2013. Kebangkitan BangsaIndonesia 1945-2045: Pokok-pokok pikiran sarjana Nahdlatul Ulama. LP3ES,Jakarta, 51-79.

Tingay,M., Heidbach, O., Davies, R. and Swarbrick, R., 2008. Triggering of the LusiMud Eruption: Earthquake vs. drilling initiation. Geology, 36, p. 639-642.

[1] Didiskusikan pada “Diskusi Jum’atTerakhir FORUM GUSDURIAN JOGJA” dengan tema“Gus Dur dan Kedaulatan Sumber Daya Alam,” Jum’at 27 September2013; substansi yang sama dengan tulisan ini juga penulis sampaikan dalamdiskusi: 1]Halaqoh SDA dan Lingkungandi Kantor PC NU Sumenep, 23 Agustus 2013; dan 2]Pelantikan Pengurus Cabang (PC)Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Sleman, pada tanggal 22 Septemberdi Pondok Pesantren Pandanaran, Jogjakarta dengan tema “Peran Gerakan Mahasiswa dalam Menegakkan Demokrasi dan KedaulatanBangsa”.

[2] Adalah salah seorang inisiator FrontNahdliyin untuk Kedaulatan Sumber Daya Alam(FN-KSDA)

[3] Terima kasih kepada kolega penulis, Hatib Abdul Kadir, atas informasi dandiskusi substantifnya soal buku ini. Sekaligus, penulis juga mengucapkan terimakasih kepada kawan-kawan di JaringanGusdurian, Gerakan Literasi Indonesia(GLI), dan Front Nahdliyin untukKedaulatan Sumber Daya Alam (FN-KSDA) yang menjadi tempat penulismendiskusikan berbagai persoalan ke-NU-an, ke-Indonesiaan, dan SDA. Sangatbanyak pendapat penulis yang berasal dari sana. Walaupun demikian,pertanggungjawaban artikel ini tetaplah sepenuhnya di pundak penulis.

Tuban Jogja

Media publikasi pemikiran dan agenda kegiatan Keluarga Pelajar dan Mahasiswa Ronggolawe Tuban (KPMRT) Yogyakarta.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.